11 Tips Ketika Menggunakan Jasa Pindahan Rumah

Terkadang, kita harus berpindah dari rumah yang kita tinggali karena beberapa hal. Mulai dari alasan pekerjaan, lingkungan, hingga pendidikan. Namun, proses perpindahan rumah bukanlah proses yang mudah. Ada berbagai hal yang harus kita persiapkan. Mulai dari mengemas pakaian, memindahkan furniture, hingga menatanya di rumah yang baru. Tentunya, hal-hal tersebut akan lebih mudah dilakukan apabila kita menggunakan jasa pindahan rumah. Ketika menggunakan jasa pindahan, simaklah 11 tips berikut agar proses pindahan berjalan lancar!

1. Mengecek Total Berat Barang Pindahan
Penyedia jasa pindahan berkualitas akan menentukan jumlah berat barang-barang yang mereka bawa. Mereka juga akan mengecek barang-barang di rak buku, lemari, serta laci. Semakin berat barang yang dibawa, semakin banyak juga biaya yang dibutuhkan. Jadi, pastikan kita memahami estimasi biaya yang mereka berikan.

2. Mengestimasi Biaya Secara Akurat
Penyedia jasa yang baik akan menanyakan bagaimana proses pindahan yang kita rencanakan. Jadi, pastikan kita sudah mendata seluruh barang dan mengetahui barang apa saja yang akan dibawa sendiri. Selain itu, kita juga dapat memisahkan barang yang akan didonasikan, dijual, maupun di tinggal di rumah yang lama.

3. Jangan Membayarkan Deposit yang Besar
Penyedia jasa pindahan yang berkualitas tidak akan meminta biaya maupun deposit yang besar di muka. Sebaliknya, konsumen dapat membayarkan setelah proses pengirimkan dilakukan. Apabila kita membayar di awal, kita akan kesulitan mengontrol barang yang dikirim.

4. Hindari Perusahaan Jasa Pindahan Yang Mencurigakan
Pastikan perusahaan jasa yang kita gunakan memiliki lisensi, asuransi, serta alamat yang jelas. Apabila perusahaan tersebut memiliki beberapa nama, janganlah menggunakan jasanya. Bisa saja perusahaan tersebut hanya berniat untuk merugikan konsumennya.

5. Mencari Referensi Penyedia Jasa Pindahan Rumah
Agar mendapatkan penyedia jasa pindahan yang berkualitas, cobalah mencari referensi. Kita dapat menanyakan keluarga atau teman-teman kita. Bila perlu, tanyakan juga pendapat konsumen yang pernah menggunakan jasa pindahan tersebut.

6. Menghindari Biaya Pengemasan
Apabila kita melakukan sendiri pengemasan barang-barang, penyedia jasa tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan. Nmun, apabila mereka yang melakukan pengemasan, kita harus membayar biaya tambahan. Hal ini dikarenakan mereka harus menyediakan kotak pindahan serta bahan material lainnya. Selain itu, proses pengemasan juga memerlukan waktu dan tenaga ekstra. Apabila berencana meminta bantuan pengemasan, pastikan penyedia jasa sudah berpengalaman mengurus berbagai jenis barang pindahan.

7. Berhati-Hati Terhadap Biaya Tambahan
Apabila kita akan berpindah ke tempat seperti apartemen, kita mungkin akan dikenakan biaya tambahan. Hal ini dikarenakan penyedia jasa membutuhkan waktu dan tenaga ekstra untuk memindahkan barang melalui tangga dan lift. Selain itu, biaya tambahan juga dapat dikenakan apabila jalan menuju rumah baru kita sempit. Penyedia jasa tentu harus menyediakan mobil berukuran lebih kecil untuk melewati jalan tersebut. Oleh karena itu, tanyakan biaya tambahan secara detail ke penyedia jasa.

8. Hindari Proses Pindahan Tanpa Perjanjian Kontrak 
Untuk mengantisipasi masalah perpindahan, kita membutuhkan perjanjian kontrak. Pada kontrak tersebut, penyedia jasa harus mendata estimasi biaya perpindahan beserta dengan biaya tambahan. Selain itu, mereka juga harus mencantumkan tanggal pindahan dan pengiriman barang.

Sebagai komsumen, kita harus membaca perjanjian kontrak dengan seksama. Pastikan semua barang yang kita ingin pindahkan sudah tercatat di sana. Apabila ada barang yang tida tercatat di perjanjian tersebut, kita harus membawanya sendiri.

9. Mengenali Jenis-Jenis Perjanjian Kontrak
Terdapat 3 jenis perjanjian kontrak untuk jasa pindah rumah:

a. Tidak tergantung estimasi
Kontrak ini menandakan bahwa perusahaan tidak akan meminta biaya lebih dari 10% dari estimasi awal suatu barang. Apabila terdapat tambahan biaya, biaya tersebut harus dibayarkan pada jangka waktu yang telah ditentukan.

b. Tidak terikat tambahan biaya
Kontrak ini menjamin bahwa kita tidak diharuskan untuk membayar biaya tambahan yang berbeda dari estimasi sebelumnya. Estimasi biaya yang mereka berikan sudah menjadi biaya yang tetap dan mencakup layanan jasa mereka.

c. Terikat pada estimasi biaya
Kontrak jenis ini memastikan estimasi biaya mencakup segala hal, termasuk biaya tambahan. Apabila ternyata kita membutuhkan layanan tambahan di hari perpindahan, kita dapat membayarnya dalam waktu sekitar 1 bulan.

10. Melaporkan Masalah-Masalah yang Terjadi
Sebagai konsumen, kita berhak untuk melaporkan masalah-masalah yang terjadi pada proses pindahan. Selain itu, barang-barang yang dipindahan oleh penyedia jasa juga sudah dilindungi oleh asuransi. Biasanya, perusahaan jasa pindahan akan memberikan garansi sekitar sebulan. Namun, kita sebaiknya mengecek langsung seluruh barang sebelum kita menandatangai serah terima pemindahan barang. Dengan begitu, penyedia jasa dapat langsung menyadari apabila terdapat kerusakan.

11. Asuransi Perpindahan
Setiap perusahaan jasa pindahan harus bisa memberikan penilaian terhadap barang-barang yang mereka pindahkan. Apabila terdapat barang yang hilang ataupun rusak, akan dilakukan perbaikan ataupun pergantian biaya perbaikan. Apabila barangnya hilang, kita akan mendapatkan barang yang baru ataupun uang yang setara dengan harga barang tersebut. Namun, biasanya penyedia jasa tidak mau membawa barang yang nilainya terlalu besar seperti perhiasan. Oleh karena itu, cobalah untuk menanyakan ke penyedia jasa sebelum menyewa jasanya.

Sumber: https://www.moving.com/tips/hiring-quality-movers/

0 komentar:

Posting Komentar