Apa Itu Gempa Bumi?

Gempa Bumi diartikan sebagai guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energy dari dalam secara tiba-tiba sehingga menimbulkan gelombang seismik. Gempa bumi biasanya disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi. 
Puing Puing Sisa Gempa Bumi. (foto: prelo.co.id)
Gempa bumi diukur menggunakan alat Seismometer. Skala Richter mungkin sering terjadi ketika terjadinya gempa bumi. Istilah tersebut adalah sklaa yang dilaporkan olehobservatorium seismologi nasional yang diukur skala besarnya local 5 magnitude. Besar 7 magnitude lebih dapat menyebabkan kerusakan yang serius di daerah yang luas dan kedalaman gempan. Gempa bumi terbesar terjadi di Jepang tahun 2011, besarnya yakni 9,0. 

Akibat yang ditimbulkan oleh gempa dalam skala yang besar dapat mengakibatkan bangunan roboh dan jatuhnya korban jiwa. Tidak sedikit yang mengalami permukaan tanah dan jalan menjadi retak. Tanah longsor akibat guncangan, Banjir akibat rusaknya suatu tanggul bahkan tsunami saat gempa tersebut berasal dari dalam lautan. Hindari kepanikan berlebih saat terjadi gempa agar kamu bisa selamat dari bencana. Semoga  Bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar