Penyakit Paling Mematikan Ebola

Penyakit Ebola atau Demam Berdarah Ebol disebabkan oleh virus Ebola. Masa inkubasinya dimulai 2 hari sampai 3 minggu setelah terjangkit virus. Ditandai dengan adanya demam, sakit tenggorokan, nyeri otot dan rasa sakit di kepala. Umumnya gejala ini diikuti dengan mual, muntah, diare dan menurunnya fungsi liver. 

Gejala serius bisa terjadi dengan adanya sakit kepala, tenggorokan, nyeri sendi, tidak suka makan. Demam biasanya melebihi 38.3 °C, diikuti muntah-muntah, mencret dan sakit perut bagian atas. Pada beberapa kasus bahkan ditemukan pendarahan dalam dan luar yang terjadi 5-7 hari setelah gejala pertama terjadi, penderita mengalami kesulitan pembekuan darah. Pendarahan terjadi pada selaput mulut, hidung, tenggorokan atau dari bekas lubang suntikan. 
(foto: naturalnews.com)
Penyebabnya berupa virus yang menular melalui kontak darah atau cairan tubuh hewan yang terinfeksi, biasanya monyet atau kelelawar. Penyebaran melalui udara justru belum pernah terjadi pada kasus ini. 
Pencegahan penularan ebola bisa dengan cara mengurangi penyebaran penyakit dari monyet dan babi yang terinfeksi pada manusia. Periksa hewan tersebut dari infeksi dan membunuh hewan yang terpapar virus ebola. Penggunaan pakaian pelindung dan mencuci tangan ketika berada di sekitar penderita penyakit ebola bisa meminimalisir dampak penyebarannya. 

0 komentar:

Posting Komentar